Tuesday, August 23, 2016

Bingung Menentukan Karir yang Pas Denganmu? Lakukan 5 Hal Ini Saja

Pada awal kuliah, Anda tidak berpikir terlalu banyak tentang masa depan dan masih tidak memforsir diri. Yang penting untuk lulus mata kuliah penting, cari pengalaman organisasi, dan bersenang-senang dengan teman-teman.


Dan saat terakhir kuliah pun tiba. Saat menulis skripsi, Anda mulai memiliki perasaan takut dan khawatir.

Masalahnya adalah sederhana. Setelah lulus, Anda tidak tahu jadi apa. kut teman-teman, nurut kata orangtua, atau justru melanjutkan ke jenjang berikutnya?

Jangan bingung, karena di sini ada beberapa alternatif untuk Anda yang masih belum pasti menjadi masa depan Anda sendiri. Mari kita melakukan hal-hal di berikut ini!


1. Manfaatkan kesempatan jadi management trainee.


Banyak perusahaan multinasional membuka program management trainee, di mana Anda akan dilatih untuk menduduki posisi manajerial di perusahaan. Pilihan ini baik untuk Anda masih bingung, karena selain memberikan kesempatan karir yang baik, dalam program management trainee Anda kemungkinan besar akan bergulir ke berbagai divisi atau departemen. Selama beberapa bulan, Anda akan berdua tahu bagaimana rasanya bekerja di pemasaran, keuangan, SDM, Pembelian, Penelitian dan Pengembangan, untuk Produksi. Dari sistem rolling ini, Anda dapat merasa diri yang paling cocok Anda berada di fungsi apapun.

2. Ambil pekerjaan yang cocok sebagai batu loncatan.


Ada beberapa jenis perusahaan yang dapat menjadi alternatif yang baik ketika Anda masih bingung dengan tujuan karir Anda, jenis perusahaan yang memberikan paparan industri lainnya. Misalnya, bekerja di konsultan atau agensi mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan klien dari berbagai industri dan membantu memberikan solusi untuk masalah mereka. Dari sini Anda dapat belajar tentang bisnis sambil berpikir tentang apa yang industri atau peran yang menarik bagi Anda. Berkenalan dengan banyak klien juga akan memperluas jaringan Anda, dan Anda dapat menggali banyak wawasan dari mereka. Tidak ada salahnya juga jika Anda memilih untuk tinggal di konsultasi atau instansi, terutama jika Anda adalah salah satu yang menikmati berbagai macam pekerjaan.

3. Bekerja di sebuah perusahaan startup


Bekerja di sebuah perusahaan startup bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang masih bingung, karena dalam sebuah startup Anda akan melakukan banyak hal! Meskipun Anda telah diberi posisi, sifat dari tim startup sangat kolaboratif dan tangkas akan memaksa Anda untuk melakukan semua pekerjaan yang perlu dilakukan. Melelahkan, tetapi Anda akan belajar dengan sangat cepat.

4. Lakukan kegiatan relawan di kota atau daerah lain.


Kutipan kebijaksanaan sering mengatakan bahwa perjalanan adalah cara terbaik untuk menemukan diri Anda. Ketika Anda berada di tempat yang aneh, Anda akan berinteraksi dengan banyak orang baru, tempat-tempat baru dan budaya baru. Selain membuka wawasan, pengalaman yang Anda dapat langsung melekat ke kepala dan membuat Anda belajar banyak tentang diri Anda.

Sedangkan cara terbaik untuk bepergian adalah dengan melakukan kegiatan sukarela. Hanya untuk berlibur ke kota lain atau negara masih umum. Tapi, jika Anda mengambil keuntungan dari waktu perjalanan yang terlibat dalam proyek sosial, manfaat yang Anda dapat dua kali lipat.

5. Atau mari kita katakan 'ya' untuk peluang yang ada. Dengan begitu, Anda dapat menemukan apa yang anda suka



Sebenarnya, tidak ada jalan pintas untuk menemukan tujuan karir Anda. Semua adalah proses seumur hidup yang tidak akan pernah berhenti. Jadi, jika Anda tidak tertarik mengikuti saran di atas, hanya mengikuti intuisi Anda dan mengambil pekerjaan yang Anda anggap menarik! Tidak ada gunanya hanya duduk di depan laptop dan mengikuti banyak tes karir atau kepribadian tes jika Anda belum mencoba secara langsung. Semua pekerjaan tentu akan memberikan pelajaran berharga dan membantu Anda menemukan diri Anda sedikit demi sedikit.

No comments:

Post a Comment